Thursday, July 5, 2018

Mengenal Lebih Dekat Asal-Usul dan Sejarah Domino di Dunia



Apakah Anda mengetahui sejarah domino? Mungkin sebagian dari Anda baru pertama kali ini mengetahui permainan domino. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan malahan Anda sudah memainkannya hampir tiap hari sebagai salah satu hobi. Lagipula, domino sekarang tidak hanya bisa dimainkan secara offline di dunia nyata, tetapi sudah merambah dunia maya dengan sebutan domino online. Ternyata, domino juga mempunyai sejarah dan perkembangannya tersendiri. Anda yang penasaran dan ingin mengetahui informasinya, silakan membaca sedikit uraian di bawah ini.

Sejarah permainan domino

Sebelum membicarakan sejarah domino, tidak ada salahnya membahas sedikit perihal pengertian dan ciri khasnya. Domino merupakan semacam permainan kartu. Di Indonesia biasanya alat permainannya berwujud kartu kecil berukuran sekitar 3x 5 cm. Kartunya berwarna dasar kuning dan terdapat titik-titik besar berwarna hitam yang berfungsi sebagai pengganti angka.Masyarakat di sini lebih akrab menyebutnya kartu domino.
Domino biasa dimainkan minimal dua orang. Lebih pasnya sekitar 3 – 4 orang agar pembagian kartunya merata, serta waktu permainannya standar. Dalam arti, waktu permainannya tidak terlalu lama dan tidak terlalu cepat. Lebih mengasikkan untuk mengisi waktu luang sembari bercengkerama dengan teman sejawat. Namun, ada juga yang memainkan dominoqq untuk mencari uang dalam sebuah taruhan atau berjudi.
Diketahui bahwa domino berasal dari Tiongkok. Pertama kali muncul pada perayaan atau festival di Wulin, yang sebelumnya dikenal sebagai kota HangZhou. Pada saat itu, pemerintahan Tiongkok dipimpin oleh Raja XiaoZong dari Dinasti Song yang berkuasa antara tahun 1162 – 1494. Hanya kaum bangsawan saja yang boleh memainkannya. Namun dalam perkembangannya, permainan domino menyebar seantero dunia dan dimainkan oleh banyak orang.

Perkembangan permainan domino berikutnya

Michael Dummet yang menulis tentang Game of Tarot. Dia menyebut domino masuk ke wilayah Eropa pertama kali pada abad ke-18 melalui kota Venesia dan Naples, Italia. Mulai dari Eropa itulah, domino menyebar ke wilayah daratan Asia dan Afrika saat terjadi perang dunia serta peristiwa-peristiwa penting lainnya. Hingga akhirnya sampai di Indonesia yang belum diketahui kapan masuk pertama kalinya.
Hingga sekarang, perkembangan permainan domino begitu pesat karena semakin banyak orang memainkannya. Bukan hanya pria saja, tetapi tidak sedikit kaum hawa atau wanita juga memainkannya. Hal itu dikarenakan domino lebih mudah, menarik, serta menguntungkan saat dimainkan secara online di dunia maya dengan bantuan teknologi internet.Hal tersebut tak lepas dari sejarah domino yang panjang.


No comments:

Post a Comment